Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Wednesday, August 7, 2013

Kurikulum 2013 :: Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X
  
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1     Membaca Al Quran dengan tartil
1.2      Beriman kepada Malaikat
1.3      Berpegang teguh kepada al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
1.4     Berperilaku sesuai ketentuan hukum Islam
1.5     Berpakaian secara Islami dalam kehidupan.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1     Menampilkan perilaku kontrol diri (mujahadah an nafs),  prasangka baik (husnuzhon), dan persaudaraan (ukhuwah)  sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Anfal (8): 72); QS. Al Hujurat (49):12; dan QS Al Hujurat (49):10 serta Hadits yang terkait
2.2     Menampilkan  sikap  keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul husna al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jaami’, al-adl, dan al-aakhir
2.3     Meneladani strategi dakwah Nabi di Makkah dalam konteks  Indonesia dan global
2.4     Menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan  zina sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Isra’ (17): 32, dan QS. An Nur (24):2, serta Hadits yang terkait
2.5     Meneladani strategi dakwah Nabi di Madinah dalam konteks Indonesia dan global
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1     Memahami QS. Al Anfal (8): 72); QS. Al Hujurat (49):12; dan QS Al Hujurat (49):10,  dan Hadits   tentang kontrol diri (mujahadah an nafs),  prasangka baik (husnuzhon), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2     Memahami QS. Al Isra’ (17): 32, dan QS. An Nur (24): 2, serta Hadits tentang larangan pergaulan bebas  dan perbuatan zina.  
3.3     Memahami Asmaul husna al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jaami’, al-adl, dan al-aakhir
3.4     Memahami beriman kepada malaikat
3.5     Memahami  manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an nafs),  prasangka baik (husnuzhon), dan persaudaraan (ukhuwah) dalam kehidupan
3.6     Memahami bahaya pergaulan bebas  dan perbuatan zina
3.7     Memahami adab berpakaian secara Islami
3.8     Memahami Al Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
3.9     Memahami hakikat hukum Islam
3.10 Memahami  pengelolaan  wakaf
3.11 Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW 
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
4.1      Membaca QS. Al Anfal (8): 72); QS. Al Hujurat (49):12; dan QS Al Hujurat (49):10 dengan tartil
4.2      Membaca QS. Al Isra’ (17): 32, dan QS. An Nur (24): 2 dengan tartil
4.3     Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW 



Socializer Widget By Madrasahku
SOCIALIZE IT →
Follow Me →
SHARE IT →

0 komentar: